Tuesday, June 11, 2013

Buat Visa Korea Selatan sendiri

Udah banyak orang yang share soal cara buat visa Korea Selatan, tapi gw mau share lagi hehe.. karena banyak banget kayanya yang mau ke Korea Selatan tahun ini, gw rasa tourism sana hebat banget, bisa bikin banyak orang Indonesia yang pengen kesana, termasuk gw wkwk....
Setelah gw baca-baca cara orang bikin visa and berdasarkan kak Claudia Kaunang klo bikin visa Korea tu gampang, jadi deh gw urus sendiri... sebenernya gw titip temen gw sih karena gw ga bs cuti bwt urus

Dokumen-dokumen yang perlu disediakan untuk apply visa:
1. Formulir aplikasi visa, yang ini bisa di download langsung di website Dubes KorSel
2. Passport asli dan fotocopy (fotocopy juga yang ada cap2 negaranya)
3. Foto 4x6 latar putih 1 lembar langsung tempel di formulir aplikasinya
4. Fotocopy KK, KTP, Akta lahir (semakin lengkap semakin bagus hehe...)
5. Surat rekomendasi dari kantor (yang menyatakan kalau kita karyawan permanen mereka dan kesana pure buat jalan-jalan aja, dan akan kembali lagi ke Indonesia)
6. Surat rekomendasi dari bank (tinggal ke bank yang kita pake aja, bwt minta surat berisikan jumlah dana kita di rekening dan bahwa kita adalah nasabah yang bisa dipercaya, gw sendiri pake Bank Mandiri (lama pembuatan surat 1 hari dengan biaya 50rb), klo pake BCA (lama pembuatan surat 3 hari dengan biaya 50rb jg))
7. Fotocopy rekening tabungan kita 3bulan terakhir (sebenernya ga ad minimal tabungan yang mesti kita punya untuk bikin visa, asalkan tabungan kita cukup untuk biaya yang kita keluarkan selama di Korea ntar)
8. Jadwal dan perkiraan pengeluaran kita selama di Korea (ini penting juga, biar mereka tau apa aja yang udah kita plan selama perjalanan kita disana)
9. Print out tiket PP, tempat tinggal selama disana

Kurang lebih itu aja dokumen yang kita perlukan, semakin lengkap semakin bagus, jadi biar ga bolak balik ke Dubes Korea, lengkapin aja dokumen kita hehe.. untuk biayanya sekarang ini 30USD (bayar dalam rupiah sesuai kurs dollar). untuk pengumpulan dokumennya sebelum jam 12 siang, dan untuk pengambilan visa dan passport kita setelah jam 1..

Oke, smoga berhasil yah teman2, gw jg mau ksana, smoga berhasil!! :D fighting! q(^o^)p

3 comments:

Mira Milo said...

Mau tanya, jadi dari proses pengajuan sampai pengambilan visa bisa diwakilkan oleh orang lain? Apa perlu surat kuasa? Terimakasih sebelumnya :)

moonlite said...

halo Mira, untuk proses pengajuan sampai pengambilan boleh diwakilkan tanpa perlu surat kuasa :) good luck yah! trims :)

Mira Milo said...

Oh baiklaahh, semoga lancar semuanya, makasih banyak yaa ;)